Profil

 

   Penggiat Keluarga (GiGa) Indonesia atau Indonesian Association for Family Development Movement (INA FDM) merupakan wadah berhimpunnya atau berjejaringnya para pihak yang peduli dan ingin berpartisipasi dalam pembangunan keluarga.  Jejaring penggiat keluarga menghimpun para ahli, praktisi, pemerhati, maupun peminat pembangunan keluarga. baik secara perorangan maupun secara kelembagaan. Perkumpulan Penggiat Keluarga Indonesia berdiri sejak 4 November 2014. Tujuan berhimpunnya para Penggiat Keluarga adalah untuk :

  1. Mendorong pemerintah dan stakeholder lain pembangun keluarga untuk mengembangkan kebijakan ramah keluarga, dan menjadikan keluarga sebagai basis kebijakan sosial.
  2. Meningkatan percepatan, keterjangkauan upaya edukasi (sosialisasi sampai internalisasi) kehidupan keluarga berkualitas melalui pemanfaatan berbagai teknologi informasi dan pendekatan pemasaran sosial, serta menjangkau berbagai bidang keahlian dan profesi yang terkait keluarga (sektor ekonomi kreatif, media sosial, iklan layanan masyarakat, sosial media, sinetron, film, icon, dsb).
  3. Meningkatan perlindungan anggota keluarga serta efektivitas pemberdayaan keluarga (penyuluhan, konseling) pada berbagai tahap perkembangan keluarga dan keragaman sosial ekonomi dan zona agroekologi.
  4. Menyediakan, meningkatkan dan memperluas database terkait kebijakan, program, dan indikator ketahanan, kesejahteraan, dan kualitas keluarga yang diperlukan sebagai dasar acuan para pihak dalam melakukan pembangunan keluarga (secara eskplisit maupun implicit).

A. Dasar Penyelenggaraan

  1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga GiGa Indonesia;
  2. Program Kerja GiGa Indonesia tahun 2015-2020;
  3. Keputusan Rapat Pleno GiGa, tanggal 8 Pebruari 2015

B. Perangkat Organisasi GiGa

  1. Bidang Kesekretariatan, Humas, dan Kerjasama
  2. Bidang Advokasi kebijakan dan program strategis
  3. Bidang perlindungan keluarga rentan dan marjinal di wilayah khusus
  4. Bidang sosial marketing peningkatan ketahanan keluarga
  5. Bidang pemberdayaan keluarga